Mahasiswa UIN Alauddin Perkenalkan Tradisi Angngaru Di Mancanegara

Nur Syamsul Rizal S mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Alauddin Makassar.

Washilah – Dalam rangka mengikuti kegiatan International Thailand Culture Camp yang dilaksanakan oleh Chulalongkorn University di Thailand, Nur Syamsul Rizal S mahasiswa UIN Alauddin perkenalkan Tradisi Angngaru pada acara tersebut. Kamis (19/01/2017).

Syamsul mengatakan, alasan memilih mempresentasikan Angngaru karena itu adalah tradisi Sulsel yang lebih ia pahami.

“Memang banyak budayanya Sulsel, cuma harus presentasi tentang apa yang lebih kita pahami jadi saya pilih itu,” terang mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Inggris ini.

Syamsul menjelaskan, Angngaru merupakan janji dari masyarakat Sulsel, khususnya masyarakat makassar untuk melindungi tamu kehormatan selama kunjungannya.

Angngaru biasanya ditampilkan pada kegiatan pameran, penyambutan tamu kehormatan, acara-acara kebudayaan, dan juga terkadang pada upacara adat serta kegiatan pemerintahan,” jelasnya.

Ia pun berharap, dengan menampilkan tradisi Angngaru di mancanegara dapat menarik semakin banyak lagi turis mancanegara untuk berkunjung ke Sulsel, karena masyarakat Sulsel rela melindungi siapa saja yang berkunjung ke daerahnya dengan sepenuh hati dan jiwa.

“Tradisi ini sebagai simbol masyarakat Sulsel akan menjaga keselamatan tamu dari awal kedatangan hingga kepergiannya nanti,” tutupnya.

Penulis: Nur Isna