Jelang One Decade, HMJ Kimia FST Gelar Workshop

Tampak Ika Pelitawati sedang menyampaikan materinya tentang seberapa penting K3 untuk diketahui. Jumat (02/12/2016)

 

Washilah– Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Kimia Fakultas Sains dan Teknologi (FST) menggelar Workshop dengan mengusung tema “Kesehatan Keselamatan Kerja (K3)”. Workshop tersebut dalam rangka One Dekade Kimia FST yang ke-10 tahun. Berlangsung di Lecture Theatre (LT) Fakultas Sains dan Teknologi. Jumat (02/12/2016).

Dengan menghadirkan Narasumber yang berkompeten dibidangnya. Bidang Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) Ika Pelitawati sebagai pemateri , Bidang Quality Control dan Document Fadhillah Ridhayanti dan Sistem Jaminan Halal Irwan.

Saat ditemui, Ketua HMJ Kimia Faisal Gunawan berharapan semoga dengan momentum satu decade kimia, keakraban dan kekeluargaan dapat terjaga antara mahasiswa, civitas akademika, alumni dan masyarakat UIN Alauddin Makassar pada umumnya.

“Selain itu, semoga kekeluargaan yang terjalin dalam satu decade ini dapat berlanjut seterusnya,” tuturnya.

Dalam sambutan materinya, Ika Pelitawati mengatakan kecelakaan adalah suatu kejadian yang tidak diinginkan yang menimbulkan kerugian pada manusia, kerusakan properti, lingkungan atau kombinasi dari semuanya.

“Kesehatan dan keselamatan kerja (K3) adalah bidang yang terkait dengan kesehatan, keselamatan, dan kesejahteraan manusia yang bekerja di sebuah institusi maupun lokasi proyek. Tujuan K3 adalah untuk memelihara kesehatan dan keselamatan lingkungan kerja,” jelasnya.

Lain halnya dengan Fadhillah Ridhayanti, ia menyampaikan bahwa Quality Control adalah pengawasan mutu dan quality assurance adalah jaminan mutu. Label pangan adalah setiap keterangan mengenai pangan yang berbentuk; gambar, tulisan, dan bisa jadi kombinasi keduanya atau bentuk lainnya.

“Dan keterangan yang wajib di cantumkan pada label pangan yaitu nama produk pangan, berat bersih atau isi bersih, nama dan alamat produsen, nomor pendaftaran produk, komposisi atau daftar bahan, tanggal kedaluwarsa dan kode produksi,” tutupnya.

Penulis: Wiryanty

Editor: Afrilian C Putri

Comments

comments