Seminar Nasional HMJ Ilmu Peternakan Hadirkan Dosen Asal Jerman

Suasana seminar nasional oleh empat pemateri, seminar ini digelar oleh HMJ Ilmu Peternakan FST di Gedung Auditorium. Selasa (08/11/2016)

Washilah–Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Ilmu Peternakan Fakultas Sains dan Teknologi (FST) gelar Seminar Nasional dalam rangka satu dekade. Mengusung tema “Pengembangan Sapi Potong Sentra Peternakan Rakyat dalam Mengatasi Impor”, berlangsung di Gedung Auditorium Kampus II UIN Alauddin Makassar. Selasa (08/11/2016)

Dosen Universitas Hasanuddin (Unhas) Abd Latief Tolen, Kepala Sub Direktorat Kelembagaan dan Sumber Daya Kesehatan Hewan Dr Irpansyah Batubara, Perwakilan Dinas Kesehatan Hewan Ir Gunawan serta dosen asal Jerman Prof Albert Mennerich, merupakan sederet pemateri yang hadir dalam seminar tersebut.

Dalam pemaparannya, Abd Latif Tolen memandang usaha ternak sebagai suatu sistem pernak, lingkungan usaha, pemsaran, pendamping dan sarana prasarana.

“Untuk apa peternakan rakyat dikembangkan yaitu dengan adanya peternakan rakyat dapat memenuhi kebutuhan makanan bagi masyarakat dan meningkatkan kesejahteraan rakyat,” tuturnya.

Lain halnya dengan Ir Gunawan yang mendeskripsikan prinsip pengembangan, Sentra Peternakan (SPR) sebagai kebutuhan yang berdasar pada daerah, sinergitas pembiayaan, dan berkelanjutan serta fasilitas kegiatan berdasar plan atau toadmap daerah.

Ketua Panitia Andi Haris Asbal pun menuturkan, jika besar harapannya kegiatan ini dapat meningkatkan sinergitas antar mahasiswa dengan birokrasi, dan menjadikan Ilmu Peternakan sebagai wadah untuk menyalurkan kreatifitas.

“Kami berharap kepada adik-adik, kalian jangan pernah mengeluh ketika sakit dan saling membagi kesakitan pada senior, senior adalah pembimbing kita dan kepada adik-adik harus melanjutkan cita-cita kita dalam jurusan dan menjalankan visi misi kita selanjutnya,” ujar Ketua HMJ Ilmu Peternakan.

Penulis: Wiryanti
Editor: Fadhilah Azis