KKN Angkatan 2013 Molor Hingga Desember, Ini Sebabnya

Washilah–Pendaftaran Kuliah Kerja Nyata (KKN) angkatan 2013 telah dimulai, berdasarkan pernyataan pihak Pusat Pengabdian Masyarakat (Pusdimas) UIN Alauddin, pendataan sudah dilakukan oleh Bagian Akademik di sejumlah fakultas.

Pendaftaran ini terbilang lebih lambat dari pernyataan LP2M sebelumnya, bahwa pelaksanaan KKN bakal dilaksanakan pada November. Hal ini dibenarkan Sekretaris KKN Suhufi, jika KKN angkatan 53 akan dimulai pada bulan Desember.

Dihubungi via ponsel, Kepala Pusdimas Gazali Suyuti turut menerangkan, jika blokir anggaran dari pemerintah menjadi sebab molornya pelaksanaan.

“Dulu ada blocking anggaran, jadi dana diblokir tidak ada yang bisa dipakai”, tegas Ghazali Suyuti. (25/11/2016)

Menurut Sekretaris Pelaksana KKN Dr Muhammad Shuhufi, tercatat sebanyak 1.600 mahasiswa telah memprogramkan KKN di tahun ini. Namun, jumlah tersebut masih akan dipilih antara mahasiswa yang masih aktif dalam perkuliahan, dengan kuota sebesar 1.200 orang.

Catatan ini jelas menjadi pertimbangan, jika mahasiswa yang masih kuliah tidak diberangkatkan terlebih dulu, agar tak mengganggu proses perkuliahan.

“Kenapa kita tidak mengambil mahasiswa yang reguler, karena kita ingin mempermudah mahasiswa. Jangan sampai 12 Standar Kelulusan Study (SKS) bermasalah sebab lebih fokus pada study 4 SKS,” tutur Gazali Suyuti.

Adapun prosedur setelah dana KKN cair, pihak LP2M akan berlanjut pada verifikasi perlengkapan seperti pemeriksaan Kartu Rencana Studi (KRS) sebanyak 120 sks, barulah kemudian tercatat nama-nama yang ikut dalam pembekalan.

“Kita tinggal menunggu dana, selain itu semuanya sudah disiapkan, seperti pembagian pembimbing”, lanjutnya.

Pembagian Lokasi

Terkait pembagian lokasi, LP2M nyatanya tengah mengirimkan permintaan lokasi ke Pemerintah Daerah (Pemda), untuk menunggu kepastian.

“Terlebih dahulu Pemda melakukan pemetaan lokasi, menyesuaikan lokasi KKN dengan universitas lain,” ujar Suhufi. Proses ini guna menghindari lokasi KKN yang sama dengan universitas lain, melalui pemetaan Pemda.

Adapun mahasiswa yang ingin meminta lokasi KKN, dibolehkan. Asal sebelum pembagian lokasi dari LP2M diumumkan.

Penulis: Selfiana & Anugrah Ramadhan

Editor: Fadhilah Azis