Aplikasi Nongki Buatan Mahasiswa FST Wakili Makassar di NEXTDEV Bandung

Dari kiri Muktarul Laili, Sudirman Jusman, dan Ahmad Nurhidayat saat memperkenalkan aplikasi Nongki di hadapan para Juri NextDev. Bertempat di Maja House Bandung (05/11/2016)

Washilah–Aplikasi Nongki, ciptaan mahasiswa dan Alumni Jurusan Teknik Informatika (TI) Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UIN Alauddin Makassar mengikuti Kompetisi Startup Nasional Nextdev 2016 di Bandung 01 s.d 05 November 2016, mereka adalah Muktarul Laili, Sudirman Jusman, dan ahmad Nurhidayat.

NextDev adalah sebuah ajang kompetisi pembuatan aplikasi teknologi, baik website maupun mobile bagi anak muda Indonesia untuk membantu pemecahan masalah yang dihadapi kota maupun kabupaten di Indonesia.

Misi utama dari NextDev adalah membantu terwujudnya Smart City di area perkotaan Indonesia dengan mengintegrasikan teknologi dalam segala aspek termasuk pemerintahan, penduduk, kesehatan, pendidikan dan transportasi.

Nongki merupakan salah satu peserta program NextDev 2016 dan juga merupakan salah satu dari 20 finalis yang terpilih. Dari kategori agrikultur Nongki hadir sebagai perwakilan Kota Makassar.

20 finalis, selanjutnya mengikuti serangkaian kegiatan bootcamp yang dipusatkan di Bandung Digital Valley pada awal November 2016 lalu. Para finalis memperoleh pelatihan dan pendampingan secara intensif dari beberapa pakar untuk mengembangkan technical maupun soft skills, mulai dari teknik melakukan coding, marketing skills, hingga communications skills.

Setelah bootcamp, tahapan seleksi final diadakan untuk menentukan tiga tim terbaik yang memperoleh hadiah utama yang disebut dengan 6M, yakni Market Access (akses pasar), Marketing (publisitas), Mentoring (pelatihan dan pendampingan), Management Trip (study visit ke pelaku industri telekomunikasi di luar negeri), Money (uang tunai), dan Monetizing (peluang besar untuk memperoleh pendapatan melalui kolaborasi dengan stakeholder terkait).

“Secara garis besar Nongki dulu mulai ikut Nextdev waktu Roadshow ke Makassar Nongki diberi kesempatan untuk menjadi peserta rocket pitching dan menjadi peserta favorit saat itu nah setelah itu Nongki ikut dalam penyeleksian peserta seluruh Indonesia, dari seribuan tim seluruh Indonesia, Nongki lolos dalam delapan besar wilayah Indonesia timur,” jelas CMO Nongki sekaligus alumni TI angkatan 2011 Sudirman Jusman.

Setelah melalui tahap pitching itulah, secara teleconfrence dengan juri di Jakarta berhasil lolos mewakili Makassar untuk 20 besar tingkat nasional.

“Di sana kita melalui bootcamp yang sangat padat untuk menjadi lima besar yang akan melanjutkan perjuangan di Jakarta,” tuturnya.

Dalam kompetisi memperebutkan lima besar menurut Sudirman, setiap harinya ia diberi challenge dimana Nongki keluar di beberapa juara seperti leadership,outdoor, pitching  serta branding dimana Nongki menjadi salah satu yang terbaik.

Meski sempat menang di beberapa tantangan, namun Sudirman dan dua kawan lainnya harus puas di 20 besar.

“Tapi sayang Nongki gagal lanjut kelima besar, tapi ada kategori rahasia yang akan menjadi kesempatan Nongki agar bisa kembali bersaing di Jakarta,” lanjutnya lagi.

Namun pengumuman tersebut diakuinya masih rahasia dan akan menjadi kejutan bagi setiap kategorinya.

Penulis: Wiryanti
Editor: Fadhilah Azis