23 Mahasiswa PWK UIN Wakili Sulsel di YPG Jakarta

23 Mahasiswa PWK Fakultas Sains dan Teknologi ikut serta dalam Young Planner Gathering (YPG) di Jakarta pada 3 November 2016. 

Jakarta– 23 Mahasiswa Delegasi dari jurusan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) Fakultas Sains Dan Teknologi (FST) UIN Alauddin Makassar mewakili Sulawesi Selatan dalam rangka Young Planner Gathering (YPG) di Jakarta pada 3 November 2016.

Kegiatan yang digelar oleh Ikatan Ahli Perencanaan (IAP) Indonesia tersebut berlangsung di Hotel JS Luwansa Jakarta yang bertujuan membangun koneksi perencana muda se-Indonesia.

Turut berpartisipasi pula Mahasiswa PWK (Planologi) dari Universitas Islam Bandung (UNISBA), Universitas Pasundan (UNPAS), Universitas Tarumanegara (UNTAR), Universitas Trisakti, Universitas Krisnadwipayana (UNKRIS), Universitas Diponegoro (UNDIP), Universitas Gadjah Mada (UGM), Institut Teknologi Nasional (ITN Malang), Universitas Pakuan Bogor (UNPAK), Universitas Islam Sultan Agung (UNISSULA), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Dan Teknologi Sains Bandung (ITSB).

Ketua delegasi Teknik PWK UIN Alauddin Makassar Febrianto Samin mengatakan, keberangkatan mereka  merupakan semangat jiwa muda dari makassar,  dimana menjadi ajang berkumpul para Planner dalam satu tempat untuk menjalin silahturahmi satu sama lain. Saling bertukar pikiran dan saling sharing persoalan perencanaan yang ada di kabupaten/kota yang ada di Indonesia.

“Makassar juga siap menjadi tuan rumah pada agenda pertama Young Planner se-Indonesia,” tuturnya.

Mahasiswa Teknik PWK UIN Alauddin Makassar juga mendapat Apresiasi oleh Bapak Firdaus,  ST M Si sebagai perwakilan IAP Sulawesi Selatan.

“Saya sangat mengapresiasi semangat para Planner muda khususnya di Sulawesi Selatan, ini menjadi titik balik dari kepedulian anak muda dalam menyikapi isu tata ruang, yang jika selama ini kita bisa liat sendiri kondisi anak muda di Indonesia kurang berpartisipasi,  maka dengan diadakannya Young Planner Gathering ini membuktikan jika generasi muda juga harus peduli terhadap tata ruang,” jelasnya.

Pada agenda tersebut, mahasiswa Teknik PWK UIN Alauddin Makassar dinobatkan sebagai best team, best statement, dan best participant dalam diskusi enam isu perencanaan di Indonesia yang meliputi reklamasi, smart city, infrastruktur, transportasi dan permukiman.

Penghargaan itu disampaikan langsung oleh ketua umum IAP periode 2013-2016, bapak Bernardus Djojoputro.

“Delegasi PWK UIN Alauddin luar biasa, walaupun harus menempuh perjalanan jauh tetapi semangat mereka tidak pudar sampai di Jakarta,  mereka menjadi perwakilan kampus dengan peserta paling banyak yang mengalahkan jumlah peserta delegasi kampus lain terutama kampus yang berada di Ibukota,” ungkap Ketua IAP Indonesia Terpilih 2017-2019 ini.

Hal ini membuktikan bahwa Teknik PWK UIN Alauddin Makassar telah tampil sebagai bagian penting dalam pengembangan potensi keprofesian.

Citizen Report | Muhammad Azwar Anas