Seminar Pasar Modal Syariah, Forkeis Aplication Resmi dirilis

Lomba essai Nasional yang menjadi salah satu event Forkeis Celebration (FOCEL) dimenangkan oleh Adi Pujianto  mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB), juara kedua Yuli Rahmi dan Putri Purwandasari mahasiswa universitas Hasanuddin (Unhas), terakhir juara ketiga mahasiswa asal Universitas Brawijaya Malang. Hadiah berupa piagam penghargaan, piala dan uang tunai jutaan rupiah. Selasa (25/10/2016)

 

Washilah– Kelompok Study Ekonomi Syariah (KSEI) Forum Kajian Ekonomi Islam (FORKEIS) UIN Alauddin Makassar, menggelar seminar nasional bertemakan “Pasar Modal Syariah”. Dengan menggandeng PT Indo Primer Seurities, Majelis Ulama Indonesai (MUI) dan PT Bursa Efek Indonesia sebagai pemateri, bertempat di Auditorium Kampus ll UIN Alauddin Makassar. Selasa (25/10/2016).

Acara dibuka oleh Wakil Dekan I Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Prof Dr H Muslimin Kara M Ag, mewakili Dekan Fakultas Ekonomi Bisnis Islam (FEBI). Seminar juga dihadiri oleh asisten Pemeritah Kota (Pemkot) pihak ke 3 Azis Bahran, mewakili Wali kota makassar memberi sambutan. Dan pemotongan tumpeng simbolik milad FORKEIS yang ke-7.

Turut hadir pula Pihak Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Islamic Bank (IB), MUI dan pengurus lembaga Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Presiden FOSSEI Sulawesi Selatan, Muhammad Nur Yasin.

Yang istimewa dari seminar FOCEL ke-7 bertajuk pasar modal syariah pada tahun ini  yakni launching Forkeis Aplication yang dibuat oleh divisi mistik dan jurnalistik FORKEIS UIN Alauddin, yang sangat membantu mahasiswa dalam memahami ekonomi islam, bisa unduh via playstore handphone android.

Peseta seminar berjumlah lebih 800 peserta terdiri dari pelajar SMA, mahasiswa dari 8 fakultas UIN Alauddin Makassar dan beberapa mahasiswa dari beberapa universitas di Kota Makassar.

Pemateri pertama Irwan Abdullah selaku Head of Islamic capital market development, dalam pemaparannya menjelaskan keuntungan berinvestasi di pasar modal syariah sebagai aset.

Selain itu, anggota badan pengurus harian (BPH) MUI Muhammad Bagus Teguh menjelaskan akad, hukum-hukum dan sistem penanaman saham pasar modal syariah.

“Berinvestasi pada salah satu perusahan, sama halnya dengan menjadi pemilik perusahaan bersangkutan,” ujar Muhammad Bagus Teguh dan Irwan Abdullah saat menjelaskan mekanisme investor pasar modal syariah.

Dilanjutkan dengan Pemateri PT Indo Primer Securites, Yenti Mangi Senior Representative Oficer, memaparkan cara penanaman saham dalam sistem pasar modal syariah berbasis digital program.

Adapun Lomba essai Nasional yang menjadi salah satu event Forkeis Celebration (FOCEL) dimenangkan oleh Adi Pujianto  mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB), juara kedua Yuli Rahmi dan Putri Purwandasari mahasiswa universitas Hasanuddin (Unhas), terakhir juara ketiga mahasiswa asal Universitas Brawijaya Malang. Hadiah berupa piagam penghargaan, piala dan uang tunai jutaan rupiah.

Penulis: Epi Aresih

Editor: Afrilian C Putri