Mahasiswa UIN Alauddin Ciptakan Aplikasi SMS Aksara Lontara

Arief Rivai pencetus Aplikasi Short Message Service (SMS) berbahasa Lontara dan foto Aplikasinya.

 

Washilah– Mahasiswa UIN Alauddin Makassar berhasil menciptakan aplikasi berbagi pesan baru bernama Short Message Service (SMS) ke Smartphone dengan sistem aplikasi Aksara Lontara yang dikonversi dari aksara latin, yang telah tersedia untuk Android pada tanggal 7 Januari 2014 dan telah diunduh sekitar 7000 unduhan hingga sekarang.

Pendiri Short Message Service (SMS) berbahasa lontara Arief Rivai berharap, dengan aplikasi itu secara tidak langsung dapat mengenalkan Aksara Lontara ke masyarakat luas.

“Dengan terus menggunakan aplikasi sms berbahasa lontara, secara tidak langsung kita paham dan mengerti lontara itu sendiri,” ujarnya.

Lebih lanjut Arief mengatakan, alasan utamanya membuat aplikasi itu karena terinspirasi dari orang luar negeri yang membuat keyboard menggunakan aksaranya.

“Iya, kenapa saya gak buat dengan aksara kita sendiri (lontara), dan kelebihannya ya kita bisa mengirim pesan melalui SMS dengan menggunakan aksara lontara. Bisa melalui keyboard lontara atau sms biasa (dengan bantuan autotext),” jelasnya.

Aplikasi tersebut tidak menyulitkan pengguna dalam mengetik pesan, karena ada bantuan lain dibawah huruf lontara pada keyboardnya. disamping itu, ada bantuan autotext sehingga kita tidak salah dalam mengetik bahasa Makassar.

“Sayangnya pada versi ini, kedua belah pihak baik pengirim atau penerima harus sama-sama menginstal aplikasi untuk membaca pesan dalam huruf lontara,” Tambahnya.

Penulis: Wiryanty

Editor: Afrilian C Putri

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*