HMJ PBA Gelar Pekan Arabic, Berikut Cabang Lombanya

Sumber: Int

Washilah– Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Pendidikan Bahasa Arab (PBA) menyelenggarakan kegiatan Pekan Arabic yang dilaksanakan pada tanggal 24 hingga 28 Oktober 2016. Kegiatan itu digelar di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FST) UIN Alauddin Makassar.

HMJ PBA akhirnya dapat menyelenggarkan Pekan Arabic  yang merupakan program kerja HMJ periode lalu dengan jerih payah dan kerjasama beberapa panitia dari hasil penggalangan dana.

Pelbagai cabang-cabang lomba pada Pekan Arabic yaitu antara lain, pembacaan kitab kuning, pembacaan berita dengan bahasa arab, menyanyi bahasa arab,  tilawah, duta arabic, pidato bahasa arab, essay bahasa arab, kaligrafi, rangking satu, tata boga, dan  tarik tambang.

Ketua Panitia Randy mengatakan yang menjadi pembeda dengan kegiatan tahun lalu dengan tahun ini adalah pada penambahan tiga cabang lomba. Yakni essay bahasa arab, tarik tambang, dan duta Arabic.

Lebih lanjut Randy mengatakan, dari pelbagai cabang lomba yang diadakan lomba Duta Arabic paling menarik.

“Dalam lomba ini peserta dituntut untuk mempunyai wawasan luas tentang bahasa arab baik dari segi politik, pendidikan, agama, dan sebagainya,” ujar mahasiswa PBA semester lima itu. Kamis (27/10/2016)

Selain itu, tujuan utama dari kegiatan Pekan Arabic yang dikhususkan untuk jurusan Bahasa Arab semester 1, 3 dan 5 tersebut,  bagaimana bahasa arab itu diaplikasikan dalam sehari-hari, serta mendukung pengetahuan mahasiswa jurusan bahasa arab itu sendiri.

Ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Zainul Arifin berharap, semoga kegiatan ini berjalan dengan lancar.

“Semoga kegiatan ini berjalan sesuai yang diinginkan, serta kegiatan ini bukan hanya ajang kompetisi namun bagaimana meningkatkan bahasa arab khususnya mahasiswa PBA,” tutupnya.

Penulis: Nurjannah

Editor: Afrilian C Putri