Prof Arskal: Bangun Kesadaran Hukum Islam Melalui Budaya

Suasana kuliah umum yang digelar bagi mahasiswa baru Pascasarjana di Gedung CBP. Senin (05/09/2016)

Washilah–UIN Alauddin menggelar kuliah perdana dan orientasi mahasiswa baru Pascasarjana di gedung CBP kampus II UIN Alauddin Makassar. Senin(05/09/2016)

Dengan mengusung tema Pluralisme Hukum Sebagai Metode Pendekatan Studi Politik Hukum Islam di Indonesia, UIN Alauddin menghadirkan guru besar UIN Syarif Hidayatullah Prof M Arskal Salim sebagai pemateri dalam kuliah umum.

Prof Arskal memaparkan bahwa pluralisme hukum sebenarnya terbagi menjadi tiga yaitu pluralisme institusi hukum, pluralisme aturan hukum, dan pluralisme proses hukum.

“Pada kenyataannya law in book dan law in action berbeda, karena yang terjadi di tingkat realitas kadang berbeda dengan aturan yang tertulis,”ujarnya.

Lanjut, ia menjelaskan hal tersebut terjadi karena kurangnya kesadaran hukum masyarakat. Sementara langkah yang dilakukan untuk membangun kesadaran hukum Islam di tengah masyarakat harus melalui budaya.

Ia pun berharap agar dapat memberikan inspirasi dan motivasi bagaimana mengembangkan topik penelitian untuk tesis dan disertasi mahasiswa Pascasarjana.

Penulis: Nur Isna
Editor: Fadhilah Azis

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*