Dinilai Langgar Perjanjian, Panitia OPAK FST Mengundurkan Diri

Suasana OPAK FST yang digelar di Gedung Auditorium. Jumat (02/09/2016).

Washilah–Orientasi Pengenalan Akademik dan Kemahasiswaan (OPAK) di Fakultas Sains dan Teknologi (FST) rupanya dinilai tak berjalan mulus. Hal tersebut terjadi lantaran seluruh panitia OPAK yang merupakan mahasiswa FST, memilih mengundurkan diri pada hari kedua OPAK. Jumat (02/09/2016)

Menurut Ketua Dewan Mahasiswa (Dema) FST Muhammad Suhaebar, pihak fakultas telah melanggar perjanjian yang disepakati sebelumnya, dimana OPAK hari kedua dikhususkan bagi Lembaga Kemahasiswaan. Dinilai tak bertanggung jawab dan merasa dikecewakan, panitia pun memutuskan mengundurkan diri dalam penyambutan tersebut.

“Seluruh Lembaga Kemahasiswaan FST panitia tidak setuju dengan perlakuan pihak fakultas, dan┬áharus minta maaf kepada lembaga kemahasiswaan serta mendukung penuh kegiatan-kegiatan selanjutnya yang dilaksanakan, sehingga mereka harus bertanggung jawab,” tutur Suhaebar yang dihubungi via seluler.

Dia pun menilai, jika selama penyambutan tingkat fakultas ini berlangsung, tak ada ruang bagi Lembaga Kemahasiswaan sehingga para panitia memutuskan mengundurkan diri.

Dihubungi di waktu yang hampir bersamaan, Wakil Dekan Bidang Akademik FST Dr Wasilah ST justru menilai jika pihak panitialah yang kurang berkomunikasi, sehingga menyebabkan kekacauan.

“Ini adalah kesalahan panitia karena kurang komunikasi yang baik. Bahkan, ada pula yang bukan panitia tapi ikut serta,” ujarnya.

Kendati demikian, OPAK tetap berjalan pada hari terakhir yakni Sabtu (03/09), dan kemudian diambil alih oleh pihak pimpinan fakultas itu sendiri.

Penulis: Wiryanti & Erwin
Editor: Fadhilah Azis

Comments

comments