Jurnalistik FDK Lepas Mahasiswa PPL di 21 Media

Suasana pembekalan dan pelepasaan PPLjurusan Jurnalistik FDK di LT Selasa, (10/08/2016)

Washilah— Jurusan Jurnalistik Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) UIN Alauddin Makassar mengadakan pembekalan dan pelepasan Mahasiswa Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) tahun 2016. Pembekalan yang berlangsung di Lecture Teatre (LT) tersebut dihadiri oleh sebagian besar dosen jurnalistik dan mahasiswa jurnalistik itu sendiri. Selasa (09/08/2016)

Meskipun sebagian besar Mahasiswa Jurnalistik telah diterima untuk PPL, namun pembekalan dan pelepasan Mahasiswa PPL tetap dilaksanakan menurut prosedur.

Dalam Laporan Sekretaris Jurusan Jurnalistik Samsidar, berdasarkan absen tiga kelas angkatan 2013 sejumlah 84 Mahasiswa Jurnalistik, hingga berita ini diterbitkan, mahasiswa yang telah mendaftar di media-media yakni sejumlah 77 orang.

Sebanyak 21 media yg siap menerima Mahasiswa Jurnalistik. Harian fajar, Amanah, Berita Kota Makassar (BKM), Harian Rakyat Sulsel, Tribun Timur, Radar Bone, Ujung Pandang Ekspres (Upeks), Ve-Chanel, Pojok Sulsel, Sinjai TV, TV One Makassar dan beberapa media lainnya.

Dalam sambutannya Dekan FDK Dr Rasyid Masri mengatakan, Jurusan Jurnalistik perlu diberi Apresiasi, karena ada kepercayaan dari beberapa media kepada Jurusan Jurnalistik.

“Apapun bentuk PPL kita, kepercayaan itu perlu di jaga krna kita yg butuh. Komunikasi yg baik akan memberikan suasana yg kondusif. Dari tahun-tahun tingkat kepercayaan kita bagus, jdi attitude penting di jaga,” tuturnya.

Lebih lanjut Rasyid Masri mengatakan cerdas secara intelektual tidak menjamin kita sukses di lapangan, namun cerdas secara sosial justru yg akan membawa kita pada kesuksesan.

Memasuki materi pembekalan, Dr Firdaus Muhammad selaku pemateri mengatakan, hal yang terpenting yakni soal planning. Seharusnya PPL itu sudah kita surati media satu bulan sebelumnya. Tidak serta merta kita melamar langsung diterima.

“Yang mau  PPL di Kompas TV, Fajar, Tribun dan lain-lain, itu seharusnya sudah mengenal medan. Setidaknya harus mengenal lebih jauh media tersebut, dan bsa beradaptasi,” tutupnya.

Penulis: Afrilian C Putri

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*