Trik Kuliah 3,5 Tahun Ala Jurnalistik FDK

Washilah–Jurusan Jurnalistik Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) UIN Alauddin Makassar, rupanya memilik dua trik jitu agar mahasiswanya dapat lulus dengan waktu 3,5 tahun.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Jurusan Jurnalistik Drs Alamsyah MHum saat ditemui di ruangannya pada Kamis, (16/06/16). Dia mengatakan, bahwa sebenarnya tidak ada aturan pihak kampus yang mewajibkan mahasiswa selesai dengan cepat.

Kendati demikian, ia mengaku penerapan sistem tersebut mulai dicontoh di beberapa jurusan di FDK. Pertama, dengan memadatkan jumlah sks dari semester satu, sehingga pada semester tujuh, tidak ada lagi perkuliahan bagi mahasiswa yang mendapat nilai normal, tanpa pengulangan.

Kedua, mahasiswa yang akan melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) harus mengajukan proposal terlebih dahulu. Sehingga fakultas akan menentukan lokasi KKN sesuai dengan judul yang diajukan.

Hal ini tentu akan lebih memudahkan mahasiswa untuk menyelesaikan studinya dengan cepat. Trik ini sudah diberlakukan sejak dua tahun lalu dan mendapat apresiasi dari mahasiswa.

Alamsyah juga menegaskan akan terus konsisten menjalankan sistem tersebut. “Saya mau mempertahankan sistem ini supaya mahasiswa Jurnalistik bisa selesai dengan cepat dan tepat waktu,” ujarnya.

Penulis: Eka Reski
Editor: Fadhilah Azis

Comments

comments