Ini Alasan UIN Hanya Buka Empat Prodi Jalur SBMPTN

Screenshot_2016-06-15-04-31-47-1Washilah–Pada tahun 2015 lalu, UIN Alauddin membuka 25 prodi untuk jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Berbeda dari tahun sebelumnya, tahun ini hanya empat prodi yang terbuka untuk jalur SBMPTN yakni Ilmu Hukum, Manajemen, Akuntansi dan Arsitektur.

Prof Dr Musafir Pababbari MSi selaku Rektor UIN Alauddin Makassar mengatakan, bahwa hal tersebut terjadi karena adanya perubahan aturan mengenai syarat rekomendasi, dan Surat Keputusan (SK) prodi yang akan dibuka melalui jalur tersebut.

“Untuk tahun lalu, Kementerian Riset, Tekhnologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) hanya merekomendasikan prodi untuk jalur SBMPTN yang SK-kan adalah Menteri Agama. Tahun ini berbeda, baik rekomendasi maupun SK sepenuhnya wewenang Kemenristekdikti. Dan hanya empat prodi itulah yang diSK-kan oleh Kemenristekdikti,” ungkapnya. Selasa(14/06/2016)

Ia pun mengungkap bahwa prodi lainnya dialihkan ke jalur SPAN-PTKIN dan UM-PTKIN. “Tapi ada hikmahnya juga dialihkan ke jalur SPAN dan UM karena tahun ini UIN Alauddin yang terbanyak pendaftarnya se-Indonesia,” ujarnya.

Penulis: Nur Isna
Editor: Fadhilah Azis

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*