Kongres PB Himapol, Mandat Mahasiswa UIN Jadi Korwil

Muh Ilyas beserta tiga delegasi saat berfoto bersama usai Kongres PB Himapol beberapa waktu yang lalu

Washilah–Muh Ilyas Syarifuddin mahasiswa Ilmu Politik Fakultas Ushuluddin dan Filsafat (FUF) UIN Alauddin Makassar, baru saja dimandat menjadi Ketua Koordinator wilayah lima Nasional (Kalimantan, Sulawesi, Maluku) pada kongres Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Ilmu Politik (PB Himapol). Penunjukan tersebut berlangsung di UIN Syarif Hidatullah Jakarta akhir Mei lalu.

“Kami kesana berempat, tiga delegasi utama, saya sendiri, Arfandi Mandala, dan Ananda Reski Wibowo, satu orang lagi sebagai peninjau, Muhammad Ilyas Syarifuddin,” ujar Ketua Himpunan Manusia Jurusan (HMJ) Ilmu politik A Riska Andriani.

Kongres PB Himapol diadakan dalam rangka pertemuan seluruh HMJ Ilmu Politik se-Indonesia untuk membicarakan program kerja satuan nasional yang berlangsung selama tiga hari. Putusan dari hasil temu nasional tersebut  mengangkat Renaldi Akbar, mahasiswa UIN Jakarta sebagai ketua periode 2016 Himapol secara aklamasi, dan pemandatan enam Ketua Koordinator wilayah.

Sebelum dimandatkan, A Riska Andriani sempat bercerita jika dirinyalah yang meminta Muh Ilyas untuk mencalonkan, mengingat ada aturan yang tidak memperbolehkan Ketua HMJ mengikuti pemilihan.

“Awalnya Ilyas tidak bisa, karena posisinya pemantau. Tapi setelah berunding kami sepakat memilih Ilyas karena dia masih semester empat dan belum disibukkan Kuliah Kerja Lapangan (KKL),” ujarnya.

Di samping itu menurutnya, Ilyas telah memiliki pengalaman organisasi terkait Ilmu Politik dan mampu menjadi tombak muda demi menjajaki karir kampus peradaban Himapol.

Pada tahun pertama berdirinya Himapol terdapat 10 universitas yang sudah bergabung dan terdaftar sebagai anggota. Di tahun kedua pada periode 2016, kini anggota bertambah dengan 13 perwakilan universitas termasuk UIN Alauddin Makassar.

Muh Ilyas Bersama tiga rekannya kemudian dibentuk tiga biro yakni Biro Advokasi dan kajian, Biro Sosial Kemasyarakatan dan Biro Media dan Informasi untuk melaksanakan program kerja wilayah.

Penulis: Epi Aresih
Editor: Fadhilah Azis

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*