Minimnya Antusias Alumni FSH Mendaftar PKPA

Brosur
Brosur
Brosur

Washilah — Antusiasme alumni
Fakultas Syari’ah dan Hukum (FSH) UIN Alauddin Makassar untuk terjun dibidang profesi advokat ternyata masih kurang. Hal tersebut diungkap oleh Rahman Syamsuddin sebagai panitia penyelenggara Pendaftaran Khusus Profesi Advokat (PKPA).

Kuliah hukum baik Ilmu Hukum, Hukum Peradilan Agama, Hukum Pidana dan Ketatanegaraan serta Perbandingan Mazhab dan Hukum tentu tujuannya agar dapat terjun pada dunia kerja bidang hukum kedepannya. Namun, hingga kini dari 40 orang pendaftar PKPA hanya 20% alumni UIN Alauddin Makassar yang mendaftarkan diri. Selebihnya 50% dari alumni Universitas Hasanuddin (Unhas) dan 30% dari alumni Universitas Muslim Indonesia (UMI).

“Padahal target kita setelah selesai dan mendapat gelar Sarjana Hukum (SH) ataupun Sarjana Hukum Islam (SH.I) adalah untuk bisa terjun dibidang hukum, bukan yang lain. Tapi sayangnya alumni FSH hanya sekitar 20% yang mendaftar,” ujarnya saat menyampaikan mata kuliah Hukum Acara Pidana. Kamis (26/05/2016).

 
Ia pun berharap agar mahasiswa hukum khususnya untuk alumni FSH nantinya akan terlibat pada bidangnya sendiri, karena fakta di lapangan banyak alumni yang tidak terjun pada dunianya.

 

Penulis: Nur Isna

Editor: Sri Wahyu Diastuti

1 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*