Jurnalistik FDK Undang Pemateri Dari Tiga Negara

Suasana seminar internasional yang digelar di Gedung Auditorium UIN Alauddin. Kegiatan ini menghadirkan tiga pemateri dari tiga negara yang berbeda. Kamis (19/05/2016)
Washilah—Jurusan Jurnalistik Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) menggelar seminar internasional bertajuk “Conflict and Disaster in Writer Eyes”, selain jurusan Jurnalistik kegiatan ini juga diprakarsai oleh Association Journalist Independent (AJI) yang bertempat di Gedung Auditorium kampus II UIN. Kamis (19/05/2016)
Ada tiga narasumber dari tiga negara yang hadir dalam kegiatan ini yakni Elizabeth Inandiak asal Perancis, Sanaz Fatauhi asal Iran dan Irfan Ramli asal Indonesia. Dalam pembahasannya, kegiatan ini juga menjelaskan mengenai pers secara global terhadap konflik bencana.
Baik ketua jurusan, sekretaris jurusan jurnalistik maupun dosen-dosen mengapresiasi kegiatan tersebut sekaligus memberi simulasi kepenulisan bagi mahasiswa.
Sekretaris Jurusan Drs Alamsyah M mengatakan, “Tahun lalu di seminar internasional kami didukung oleh tiga sponsor, alhamdulillah tahun ini kami banyak mendapat dukungan yang tak bisa disebutkan satu per satu,” ujarnya.
Mantan Ketua Jurusan Jurnalistik periode 2010-2012 sekaligus mantan Wakil Dekan (Wadek) 1 FDK  Dr Nurhidayat Muh Said MAg menambahkan, “Seorang jurnalis harus menitikberatkan nilai etika dalam menulis di samping nilai human interest yang jadi news value,” katanya saat diwawancara.
Selain itu, seminar bertaraf internasional ini ditujukan untuk memberi referensi tersendiri bagi mahasiswa jurnalistik itu sendiri.
“Kedepannya pihak jurusan Jurnalistik akan terus mengadakan event-event beredukasi yang juga memupuk nilai religius dan humanis bagi mahasiswa, dengan mengundang kyai yang menjadi ambasador media, sastrawan,” tambah Alamsyah lagi.
Pihak FDK pun mengharapkan agar jurnalis dengan lebel kampus peradaban mampu memberi nafas segar dalam hegemoni pers saat ini.
Penulis: Epi Aresih
Editor: Fadhilah Azis

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*