133 Peserta Ikuti Seleksi Program S1 ke Timur Tengah

Ilustrasi | Tempo
Ilustrasi | Tempo
Ilustrasi | Tempo

Washilah —UIN Alauddin Makassar baru saja ditunjuk sebagai tempat pelaksana seleksi mahasiswa baru Program S1 ke Timur Tengah (Mesir, Sudan dan Marako) tahun akademik 2016/2017 bertempat di Gedung Rektorat Lantai IV. Kamis (19/05/2016)

Dr Alwan Suban MAg selaku panitia penyelenggara mengatakan, “jumlah yang mendaftar secara online itu 328, kemudian yang mendaftar ulang sejak tanggal 12 sampai dengan hari ini tanggal 19 itu jumlahnya 138 tetapi yang ikut tes hanya 133 orang. Tidak hadir 5 orang,” ungkapnya.

Adapun peserta yang datang berasal dari berbagai daerah di Indonesia Timur, seluruh kabupaten provinsi baik Kendari, Kolaka, Papua, Ambon, maupun Ternate. Rata-rata peserta kali ini merupakan alumni pesantren.

Tak hanya di UIN Alauddin saja, penyelenggaraan seleksi ini juga dilakukan di beberapa daerah seperti UIN Syarif Hidayatullah Alauddin, Banjarmasin, Medan dan Aceh dengan pendaftar lebih dari 4.000 orang.

Ada dua tes yang diberlakukan yakni tes tulis dan tes lisan, dengan syarat utama adalah hafalan dan menjadi dasar pertanyaan kepada calon mahasiswa tersebut.

“Saya simpulkan pertama Al-qur’annya, dimana membacanya sudah sesuai dengan tajwid yang kedua tingkat hafalannya itu sampai dimana paling tidak ada ang menghafal itu paling rendah satu juz maksimalnya ada 30 juz,” tuturnya.

Penulis: Nur Jannah
Editor: Fadhilah Azis

Comments

comments