Tips “Galang Dana Bagi Mahasiswa”

Ilustrasi: Merdeka.com

Mahasiswa sering dihadapkan dengan banyak kegiatan oraganisasi yang membutuhkan dana tidak sedikit. Sedang dana yang diperoleh pertahun sebagai anggaran UKM sangat kurang dan dana dari ajuan proposal selalu tidak mencukupi, bukan hanya itu pergelaran seni seperti inagurasi juga membutuhkan dana lumayan besar, banyak cara dilakukan Mahasiswa, kebanyakan untuk memperoleh dana tersebut diatasi dengan jalan galang dana. 

Tapi perlu di perhatikan sebelumnya jika ingin mengambil cara ini, beberapa saran ini mungkin bisa membantu saudara-saudara dalam mencapai target dana yang dipastikan.

1. Gunakan modal seminim mungkin untuk mendapat untung semaksiamal mungkin, 2 sampai 3 kali lipat dalam kurun waktu yang ada. Manfaatkan waktu sebaik mungkin, jangan sampai membuang waktu dengan percuma

2.perkirakan apa yang sedang dibutuhkan orang-orang di sekitar, sesuaikan barang dagangan dengan kondisi. seperti musim hujan jangan menjual puding dan minuman dingin lainnya tidak menarik gairah pembeli.

3.Jangan terlalu merepotkan diri menjual cemilan home industri, apa lagi jika dibuat di kost, sangat merepotkan mengingat kamar kost sempit. Contoh tela-tela, pisang nugget dll yang mudah rusak juga mengambil banyak waktu dalam pembuatannya. Bila berupa makanan juallah sesuatu yang bisa tahan lebih lama dan tidak terlalu merepotkan, atau barang barang yang marak dibutuhkan banyak kalangan seperti kuota internet, baju dll.

4.Tentukan lokasi pemasaran yang stategis dan aman

5.Terpenting tenaga teman-teman banyak yang turun kelapangan untuk jualan sangat berpengaruh untuk penghasilan perhari galang dana.

6. Perhatikan dan kenali orang-orang sebelum anda tawari, jangan menawari orang yang terlihat sedang setres, marah atau terlihat seperi preman cabul karena sangat berbahaya terutama bagi para Mahasiswi

7. Jangan gengsi, buanglah malu anda percaya diri untuk menjajakan barang dagangan anda

8. Pasang muka ceria yang memelas, agar pembeli tergugah hatinya kasihan dan membeli jualan kita.

9. Berbahasa manis kesemua orang yang anda tawarkan meski mendapat penolakan jangan lupa tersenyum, sebelum meninggalkannya.

10. Kerja sama teman-teman adalah penentu kesuksesan galang dana

Selamat mencoba, semoga bermanfaat dan bisa menuai hasil yang gemilang dari tips ini.

Oleh : Epi Aresih

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*