Opini :”Jadilah Pengguna Gadget Yang Cerdas”

Ilustrasi | family.fimela.com
Gadget merupakan alat yang sangat vital bagi masyarakat di zaman modern seperti saat ini. Hampir seluruh masyarakat dipenjuru dunia memerlukan gadget untuk mencari informasi. Mulai dari usia belia sampai dewasa bahkan lansia pun memiliki benda kecil ini. Ada banyak hal positif yang didapatkan dari penggunaan gadget, pun sebaliknya ada banyak pula hal negatif yang bisa ditimbulkan dari penggunaan gadget yang berlebihan.
Alih-alih dapat mempermudah untuk mendapatkan informasi, mahasiswa pun menjadi sasaran empuk yang sangat terikat oleh gadget. Mahasiswa yang dituntut untuk selalu mengetahui perkembangan-perkembangan masyarakat karena senada dengan perannya sebagai agent of changes dan agent of control menjadi dasar alasan utama mengapa mahasiswa merasa wajib memiliki gadget.

Dilansir dari Kompas.com dari seluruh kelompok orang yang menggunakan gadget, survei menunjukkan, mahasiswa merupakan kelompok yang paling lama menatap layar. Menurut survei tersebut, mahasiswa rata-rata menatap layar gadget atau dikenal dengan istilah “screen time” rata-rata sebanyak lima jam per hari.

Dokter spesialis olahraga Ade Jeanne Tobing mengatakan, screen time pada mahasiswa paling tinggi karena mereka paling sering terekspos gadget berlayar, seperti televisi, komputer, video game, laptop, hingga smartphone.

Berdasarkan penelitian Richard Balding, seorang psikolog di Department of Psychology University of Worcester, salah satu gadget yakni ponsel cerdas atau smartphone makin sering digunakan untuk membantu orang tetap bersentuhan dengan berbagai aspek kehidupan mereka. Dan sebenarnya, kecanduan tersebut malah menimbulkan stress. Kecanduan gadget ini berdampak pada kesehatan mata. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Jeffrey R. Anshel, pendiri Coorporate Vision Consulting sekaligus President Director Ocular Nutrition Society, rata-rata pengguna gadget rela menghabiskan waktu berjam-jam bahkan hingga berhari-hari untuk berinteraksi dengan gadget tersebut.

Berdasarkan hasil survei tersebut, mahasiswa seharusnya mampu lebih bertindak cerdas dalam menggunakan gadget. Meskipun gadget penting untuk mahasiswa, sebaiknya jangan sampai membuat kecanduan karena akan berpengaruh pada kesehatan.

Jika kita menggunakan gadget sesuai dengan fungsinya, maka tentulah gadget akan memberi dampak positif dalam kehidupan masyarakat khususnya mahasiswa. Karena ada banyak informasi, ilmu, dan semacamnya yang tersedia dalam benda kecil tersebut. Jadi, sebagai mahasiswa yang berpendidikan maka cerdaslah dalam menggunakan gadget.
Oleh: Nur Isna
*Penulis adalah mahasiswa Jurusan Ilmu Hukum Fakultas Syariah dan Hukum

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*