Tips “Cara Sukses Usaha Untuk Mahasiswa”

Sumber: kompasiana.com

Mahasiswa sukses berbisnis, mungkinkah? Jawabanya sangat mungkin. Coba lihat sekitar anda banyak orang dengan usia yang masih belia telah meraih kesuksesan dalam berbisnis. Anda juga bisa lihat tayangan berita atau reality show di televisi, banyak pengusaha-pengusaha muda baru. Dan hebatnya, beberapa orang tersebut meraih kesuksesannya sambil kuliah. Disela-sela watu kuliah, mereka mengerjakan kuliah dan menyisipkan waktu serta tenaga untuk bekerja, bisnis, dan apapun untuk meraih kesuksesan.

Mereka sangat pandai mengelola waktu. Jadi, jika anda berfikir untuk meraih kesuksesan dan kekayaan memerlukan waktu siang malam untuk bekerja. Pernyataan ini terbukti salah jika anda melihat bagaimana mahasiswa yang sukses tersebut meraih kesuksesan dalam berbisnis.  Apakah ada rahasianya? Jawabanya Tidak. Karena yang dilakukan semua orang tahu atau bagi orang yang tidak ingin sukses akan pura-pura tidak tahu.

Tidak hanya untuk mahasiswa untuk orang biasa atau awampun kunci suksesnya sama yakni bekerja lebih dari yang lain, lebih pintar, cerdik, lebih teliti, ulet dan lain sebagainya. Dan masalahnya adalah banyak orang yang tidak mampu atau parahnya tidak mau untuk berusaha lebih dari yang lain. Selain hal tersebut ada beberapa hal yang bisa anda lakukan sebagai mahasiswa untuk meraih kesuksesan dalam berbisnis di usia muda. Diantaranya adalah sebagai berikut:

A.    Perluas Jaringan

Tentu Anda pernah mendengar banyak teman banyak rejeki, ini bukanlah pepatah atau peribahasa yang tanpa bukti. Banyak orang sukses diluar sana karena memiliki teman yang sangat banyak. Dengan memiliki teman yang sangat banyak anda akan miliki koneksi atau jaringan untuk mengembangkan bisnis anda. Bahkan jika anda tidak memiliki bisnis atau kerjaan sekalipun dengan banyaknya jaringan, anda bisa memanfaatkanya untuk mencari pekerjaan atau bisnis. Lalu bagaimana cara mendapatkan teman atau jaringan yang banyak?

Sebagai Mahasiswa tentu tidak sedikit organisasi di Universitas, anda bisa mengikuti sebagian atau bahkan semuanya jika hal tersebut tidak mengganggu waktu kuliah anda. Dengan mengikuti organisasi tersebut tentu teman atau jaringan yang banyak akan secara otomatis anda dapatkan. Akan sangat bagus juga jika jaringan anda tidak hanya mahasiswa akan tetapi juga dosen.

B.    Wiraswasta

Untuk anda sebagai seorang mahasiswa sementara jangan bekerja sebagai karyawan atau buruh, saya sarankan untuk berwirausaha. Kenapa harus berwirausaha? Karena dengan berwirausaha, anda akan berposisi sebagai bos. Walaupun usaha sekecil apapun anda akan tetap berposisi sebagai bos. Dengan begitu, anda tetap memiliki waktu yang cukup untuk mengikuti jam kuliah. Mungkin di benak anda akan berfikir masalah utamanya adalah modal.

Jelas ini salah karena jika anda dibekali modal belum tentu anda bisa menjalankan bisnis tersebut. Yang terpenting adalah ide,  mungkin modal anda bisa meminjam orang tua, Bank dan lain sebagainya. Akan tetapi ide sangat sulit untuk ditemukan, anda harus berfikir keras untuk menemukan ide bisnis yang bagus. Dengan ide yang brilian kemungkinan besar bisnis tersebut akan dapat berkembang. Sebaliknya, jika ide bisnis mu sama dengan yang lain berkembangnya, tentu akan sulit. Buatlah sesuatu yang unik dan menarik.

C.    Freelance

Jika anda kesulitan atau malas berwiraswasta, ambilah pekerjaan atau bisnis apapun yang tidak mengganggu pekerjaan anda. Apakah ada? sangat banyak. Freelance dengan modal seperti jualan pulsa, jualan furniture, Investasi, MLM, agen aasuransi dan lain sebagainya. Jika anda menginginkan tanpa modal juga ada seperti Reseller, makelar tanah, mobil atau motor, atau menjadi karyawan yang jam kerjanya malam agar tidak menggagu jam kulian anda. Namun cara seperti ini akan menguras tenaga dan fikiran anda.

Ketiga cara tersebut bukanlah rahasia akan namun sangat jarang yang melakukanya, kalaupun ada rata-rata gagal karena karena suatu alasan. Perlu memerlukan beberapa sikap berikut untuk menjadi mahasiswa yang sukses.

D.    Kreatif

Sikap kreatif mutlak harus anda miliki untuk menjalankan bisnis apapun, dengan kreatif Anda akan mampu mengembangkan bisnis anda, mampu menghadapi masalah-masalah yang pasti akan datang menerpa bisnis anda

E.    Sabar dan tidak mudah putus asa

Sebagai mahasiswa dengan darah muda nya banyak yang gagal karena ketidak sabaranya, ingat sukses itu bukan hal yang instan perlu proses, dan tidak selamanya proses itu menyenangkan adakalanya menyedihkan. Dan parahnya banyak mahasiswa yang ketika melewati fase tidak enak akan langsung menyerah.

F.    Semangat

Anda harus memiliki semangat dan mitivasi tinggi agar bisnis Anda tidak kendor atau perkembanganya stagnan, bakar terus semangat Anda dengan berbagai cara, misalnya mengikuti seminar, membaca buku biografi orang-orangsukses dan apapun caranya yang terpenting semangat Anda tetap terjaga

G.    Berani

Sikap inilah yang sanagt sedikit dimiliki oleh mahasiswa, banyak mahasiswa yang takut untuk memulai, takut gagal atau rugi, takut berhadapan dengan orang banyak, jika diteruskan seperti ini kesuksesan hanya akan menjadi angan seumur hidup.

Anda harus berani memulai nya dengan berbagai resiko, jangan takut gagal dan rugi karena gagal dan rugi adalah suatu kepastian bisnis, tidak ada satupun bisnis di dunia ini yang tidak pernah mengalami kerugian dan kegagalan

H.    Disiplin

Coba lihat lah orang-orang sukses disekitar Anda atau bacalah kisah-kisah orang sukses ada satu kesaam sifat yang pasti dimiliki oleh orang tersebut. Yakni Disiplin. disiplin akan menular kepada rekan bisnis atau bawahan anda sehingga Anda akan mampu mengembangkan bisnis anda.

Penulis: Wiryanti
Editor: Afrilian C Putri

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*