7 Tips Menghadapi Dosen Killer

ilustrasi dosen killer
Kuliah tentu saja identik dengan kampus dan dosen. Banyak tipe-tipe dosen yang ada di kampus. Ada dosen yang ramah, ada dosen murah hati member nilai baik,  dan masih banyak tipe-tipe dosen lainnya. Salah satu tipe dosen yang paling ditakuti mahasiswa adalah “dosen killer”. Beberapa mahasiswa menggunakan istilah dosen killer untuk dosen-dosen yang menakutkan, keras dan pelit memberi nilai.

Dibawah ini adalah tips untuk menghadapi dosen killer di kampus :

1.      Ketahui Lebih Banyak tentang Beliau

Nah, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mencari tahu hal yang lebih banyak tentang beliau. Carilah informasi ini dari senior-senior kamu di kampus. Disinilah perlunya kamu menjadi gaul di kampus, banyak kenal dengan senior-senior. Tanyakan kepada mereka yang sudah terlebih dahulu menjadi korban keganasan dosen killer itu. Tanyakan apa yang boleh kamu lakukan dan apa yang tidak boleh kamu lakukan selama mengikuti mata kuliahnya. Dengan begini kamu akan sedikit berhati-hati jika berhadapan dengan dosen killer itu.

2.      Usahakan Jangan Telat

Dalam mengikuti perkuliahan dosen seperti ini, kamu harus pandai mengatur waktu. Jangan sampai kamu terlambat masuk kelas dan diberi nilai E hanya karena hal sepele seperti ini.

3.      Sering-sering Menyapa dan Ajak Senyum

Walaupun beliau tampak galak dan tidak pernah tersenyum, ketahuilah beliau juga manusia. Segalak galaknya dosen, tidak mungkin tidak pernah tersenyum dalam hidupnya. Oleh karena itu, ketika kamu bertemu dengan beliau di mana saja, baik di dalam kampus maupun di luar kampus, beranikanlah diri kamu untuk menyapanya. Tersenyumlah dan sapalah beliau. Dengan begini, sang dosen akan ingat sama kamu, dan merasa bahwa kamu hormat kepadanya. Jika sudah seperti ini, yakinlah beliau akan baik sama kamu.

4.      Lakukan Pendekatan (PDKT)

Perlu kamu ketahui, tidak hanya PDKT kepada orang yang kamu sukai saja yang harus di lakukan, tetapi kepada dosen juga. Lakukanlah pendekatan dengan beliau, misalnya saja dengan sering sering mengajak diskusi tentang mata kuliah yang beliau ajarkan. Perlu kamu ketahui, setiap dosen selalu terbuka dengan mahasiswa yang ingin berdiskusi dengannya, apalagi tentang mata kuliah yang beliau ajarkan. Jadi, sering seringlah mengajak beliau berdiskusi, agar kamu lebih dekat dengan beliau.

5.      Rajin Masuk di Mata Kuliahnya

Beberapa mahasiswa yang tidak suka dengan dosen killer biasanya justru malas masuk di mata kuliah yang beliau ajarkan. Hindarilah hal ini jika kamu ingin selamat. Kamu tidak seharusnya malas masuk karena sakit hati dengan sikap dosen. Rajinlah masuk kelas mata kuliah yang beliau ajarkan, jangan hanya karena dimarahi sedikit karena terlambat masuk, kamu langsung tidak mau masuk lagi di kelasnya. Hati-hati, bisa jadi kamu masuk “backlist” mahasiswa yang tidak lulus.

6.      Berusahalah Terlihat Pandai di Kelasnya

Ini penting buat kamu. Ketika beliau masuk mengajar, jangan pernah sesekali menampakkan ketidakpandaian kamu. Sesulit apapun mata kuliah yang beliau ajarkan, walaupun kamu tidak mengerti dengan apa yang beliau jelaskan, berusalah untuk selalu aktif. apalagi jika dosen killer itu aktif mengajak mahasiswanya berdiskusi, tunjukkan kepandaian kamu. Dengan begini kamu akan mudah di kenal dengan dosen killer itu.

7.      Ikut jadi Panitia dalam Setiap Acara yang Beliau Adakan

Yang satu ini tidak wajib sih. Tapi biasanya setiap dosen akan suka kalau mahasiswanya mau membantu kegiatan yang akan ia adakan. Kamu bisa dapat nilai plus karena dianggap sebagai mahasiswa yang aktif, cerdas, cekatan dan supel. Selain itu, dosen yang aktif dan suka mengadakan acara biasanya punya banyak kenalan orang-orang penting dan terkenal. Ini kesempatan bagusmu untuk memperluas jaringan. Siapa tahu, nanti  dia bisa memberimu rekomendasi untuk magang.

Nah, semoga 7 tips dalam menghadapi dosen killer ini bisa bermanfaat bagi kita semua.

Oleh : Eka Reski Rahmiati (Mag)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*