7 Tips Agar Tidur Jam Sembilan Malam Setiap Hari


wolipop.detik.com
Tidur malam merupakan salah satu aktivitas yang wajib harus menjadi kebiasaan kita setiap harinya. Sahabat, tips kesehatan tidak sedikit dari kita yang memiliki masalah dengan kurangnya jam tidur malam tersebut. Keasyikan begadang dengan teman, stress karena pekerjaan serta asyik bermain gadget menjadi beberapa penyebab kurangnya jam tidur malam. Kurang tidur di malam hari juga berdampak pada kesehatan seperti memperbesar resiko penyakit jantung, hipertensi, stroke serta diabetes. Oleh karena itulah, diperlukan langkah nyata memperbaiki jadwal tidur malam. 

Berikut ini 7 tips agar tidur jam Sembilan malam setiap hari :
 1. Rilekskan. Dalam hal ini, anda harus merilekskan tubuh dan pikiran dengan menghentikan semua aktivitas maupun pekerjaan yang sedang dilakukan setengah jam sebelum memejamkan mata. Hal ini penting, karena dengan pikiran yang tenang dan tubuh yang rileks, aktivitas tidur malam jadi lebih muda.
2. Matikan Gadget sebaiknya juga mulai menonaktifkan atau mematikan gadget yang anda miliki sebelum berangkat tidur. Kecenderungan untuk terus memainkan gadget kesayangan akan menjadikan rutinitas tidur malam menjadi terganggu.
 3. Jauhkan Gadget, jika anda tidak mau mematikan gadget (smartphone), maka sebaiknya menjauhkan dari jangkauan tangan anda. Anda bisa meletakkan di meja atau kursi yang jauh dari kasur tempat anda membaringkan tubuh untuk beristirahat di malam hari..
4. Matikan Televisi. Berbagai cara televisi sering melupakan kita dari jam tidur malam yang sudah direncanakan hingga rela begadang sampai larut malam. Maka, alangkah baiknya anda segera mematikan televisi dan mulai beranjak ke kamar tidur.
 5. Rapikan. Sebelum merebahkan tubuh di kasur, anda juga sebaiknya merapikan dulu tempat tidur dengan mengibaskan sprei, selimut  serta bantal. Untuk membuang atau membersihkan debu halus yang menempel di tempat-tempat tersebut.
6. Matikan Lampu. Mematikan lampu kamar tidur selain mampu meningkatkan kesehatan tubuh juga dapat membuat suasana kamar lebih tenang dan nyaman. Jika anda tidak suka suasana yang gelap gulita, gunakanlah lampu kamar yang redup atau tidak terlalu terang.
7.  Penutup Mata. Jika anda sulit memejamkan mata, maka tidak ada salahnya menggunakan penutup mata. Hal ini bertujuan untuk mengirimkan rangsangan pada otak, bahwa tubuh dan pikiran sedang di istirahatkan dari berbagai aktivitas dan pekerjaan.

Wiryanti (Mag)


Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*