KKN Berbasis ABCD Diharapkan Bisa Mewujudkan Mimpi Masyrakat

Washilah–Jika pada tahun-tahun sebelumnya, pelaksanaan pembekalan Kuliah Kerja Nyata (KKN) UIN Alauddin dilaksanakan sepenuhnya oleh pihak Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM), tahun ini sedikit berbeda. Pembekalan KKN angkatan ke 50, setiap fakultas diberikan kesempatan untuk membina mahasiswanya masing-masing.
Ditemui di auditorium kampus II UIN Alauddin Makassar, panitia pelaksanan KKN, Drs Baharuddin, menjelaskan, kalau tahun ini masing-masing fakultas memberikan pelatihan tentang laporan kegiatan mahasiswa KKN Posdaya berbasis Asset’s, Based, Community, Development (ABCD) dapat diterapkan di masyarakat.
“ABCD Sendiri merupakan basis yang baru diterapkan pada tahun ini, diharapkan mahasiswa mampu menemukan pokok harapan dari masyarakat untuk diwujudkan setelah mengikuti materi tersebut.” Harap Drs Baharuddin. 
Salah seorang pemateri pembekalan pada Fakultas Sains dan Tekhnologi (FST), ST Aisyah Rahman ST MSi, menjelaskan kalau ABCD bertujuan untuk membangun mimpi masyarakat. 
“Terkendala karena asset yang tidak memadai, dan ketika telah menemukan mimpi atau harapan dari masyarakat tersebut, maka perlu dibangun jaringan dan kerjasama untuk membangunnya. Perlu ada komunikasi, dan hal yang paling penting dalam membangun hubungan adalah jangan menampakkan sifat arogan,” jelasnya.
Laporan | Ashari Prawira Negara (Mag) 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*