Persepsi Para Ahli Meneropong Konvensi Demokrasi

Washilah — “Jika kita mau melindungi Negara kita dalam jangka panjang, hal terbaik yang dilakukan adalah menyebarkan kebebasan dan demokrasi”. George W Bush (Kompas, 6/11/2004).
“Demokrasi menjadi sebuah cara untuk menciptakan stabilitas sosial, bukan cara untuk melakukan perubahan sosial; sedangkan pamilu menjadi bagian yang “Agung” dalam konstitusi.” Richard S Katz and Peter Mair . (How Parties Organise).
Menurut filosof kawakan, Aristoteles .”Pemerintah yang didasarkan pada pilihan orang banyak (Demokrasi) dapat mudah dipengaruhi oleh para demagog dan akhirnya akan merosot menjadi kediktatoran.” Senada dengan PM Inggris, Winston Churchil “Demokrasi adalah kemungkinan terburuk dari sebuah bentuk Pemerintahan”. sedangkan menurut Thomas Jefferson, Pendiri Amerika Serikat.”Demokrasi tak berbeda dengan hukum rimba, (Karena) 51 persen bagian dari rakyat boleh mengambil hak dari 49 persen bagian lainnya.”
“Ingat bahwa demokrasi tidak pernah bertahan lama. ia akan segera dibuang, kehilangan kekuatan, dan akan menghabisi dirinya sendiri. Tidak akan pernah ada sebuah sistem demokrasi yang tidak menghabisi dirinya sendiri.” John Adams, Presiden Amerika Serikat kedua. emje. Dikutip dari media umat| edisi 124, 21 Maret – 3 April 2014.
Saefullah