P2B Gelar pelatihan wirausaha

Washilah OnLine – Tidak dapat dipungkiri, dikekinian kampus sudah menjadi pabrik pengangguran intelektual. Hal ini, karena mindset yang tertanam dibenak para lulusan adalah mencari kerja,

bukan mencipta kerja. hal ini dikatakan oleh Kepala Kantor  Bank Indonesia (BI) wilayah Sulawesi, Maluku dan Papua (Sulampoa).Rabu(24/09).

Melihat fenomena ini, Pusat Pengembangan Bisnis (P2B) Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar bekerjasama dengan BI  wilayah Sulampoa mengadakan pelatihan Wirausaha.

sementara  Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 24 – 25 sepetember 2013 di lantai 3 Hotel Training Center (TC) UIN Alauddin. Acara ini dihadiri oleh mahasiswa perwakilan Fakultas, Koperasi dan Unit Kegiatan Mahasiswa(UKM) yang ada di uin. 
Ketua Panitia, Jamalluddin Jahid ST M Si mengatakan, konsep pelatihan yang ditawarkan adalah Mixmethode Training dengan berbagai teknik seperti ceramah, Roleplay, brainstorming, diskusi partisipatif dan simulasi.

“materi yang akan diberikan antara lain motivasi wirausaha, rencana usaha (business plan), game
business modal, marketing mix, aspek keuangan bisnis dan pengenalan perbankan,” tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama kepala kantor BI Sulampoa, Mahmud mengatakan bahwa kecendrungan lulusan kampus untuk mencari kerja, hal itu , harus diubah dengan mencipta kerja.“BI sebagai Bank sentral berdasarkan Undang – Undang mengambil peran menciptakan perekonomian kerakyatan. Sudah sering melaksanakan pelatihan dan kerjasama, hal ini kami lakukan agar perekonomian kita bisa bersaing dikanca Internasional,” tuturnya.

Pelatihan ini disambut baik oleh Wakil Rektor UIN Alauddin bidang Akademika dan Pengembangan Lembaga,  Prof Dr H M. Sewang. Menurut Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), universitas yang baik adalah universitas yang lulusannya cepat terserap lapangan pekerjaan.

“Ajaran Islam sebenarnya sudah mengajarkan kewirausaahaan, hal ini tergambar jika kita lihat Nabi Muhammad Saw pada usia delapan tahun sudah berwirausaha. Jadi, sebenarnya Rosullullah
dalah enterpreneur sejati,” ujarnya.

(juminah)