Drs M Dahlan M Menjadi Doktor UIN yang ke-193

Washilah Online–H M Dahlan M berhasil menyandang gelar Doktor, setelah malam tadi, Senin (13/05) berhasil lulus dan mempertahankan Desertasinya dalam promosi Doktor, yang dilaksanakan di Gedung Pasca Sarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin.

Lelaki kelahiran Sinjai, 12 Nopember 1954 silam itu, berhasil mempertahankan Desertasinya yang berjudul “Islam dan budaya Lokal, Kajian Historis Terhadap Adat Perkawinan Bugis Sinjai” di depan tim penguji dan berhasil lulus dengan predikat Amat Baik.

Dalam promosi tersebut, bertindak sebagai ketua sidang, Rektor UIN Alauddin, Prof Dr H A Qadir Gassing HT MSi. Bertindak sebagai promotor adalah Prof Dr Hj A Rasdiyanah, Prof Dr H Abd Rahim Yunus MA, Prof Dr H Darussalam Samsuddin MAg. Sedangkan yang bertindak sebagai tim penguji yakni Prof Dr H Natsir Mahmud MA, Prof Dr H Ahmad M Sewang MA, Prof Dr H Mustari Bosra MA. Adapun penguji eksternal adalah Prof Dr A Abdul Rasyid MA, Guru besar Universitas Hasanuddin.

Dalam Desertasinya, Promovendus menyimpulkan bahwa, proses islamisasi di Sinjai yang melahirkan asimilasi budaya sudah dimulai sejak abad ke-17. Kedatangan dan penyebaran Islam pada masa itu dianggap berhasil karena sesuai dengan budaya dan adat istiadat masyarakat yang disebut Pangngaderreng.

Implikasi dari penelitian ini, promovendus menyarankan agar pihak terkait mengambil langkah-langkah strategis guna mempertahankan budaya lokal yang masih tampak, seperti membuat peraturan daerah tentang mekanisme perkawinan yang didalamnya tergambar asimilasi budaya lokal dan ajaran islam secra integral.

Reporter: Luqman Zainuddin

Comments

comments