HMJ Kesmas Adakan Baksos Serta Pengadaan WC Percontohan

foto bersama peserta Baksos di kotaa beras.
Washilah online–Setelah diberikan pembekalan pada tanggal 6 April lalu, sebanyak 130 mahasiswa Kesehatan Masyarakat(Kesmas) Peserta Bakti Sosial (Baksos), kini siap melakukan pengabdiannya kepada masyarakat. Daerah yang dijadikan tempat pelaksanaan Baksos Nantinya Dusun makkoring, Desa Lasiwala, Kecamatan Pituriawa, Kabupaten Sidrap.( 11/04/2013)
Kegiatan yang diadakan sejak tanggal 11 hingga 14 April 2013 lalu ini dibuka langsung oleh Kepala Dusun Makkoring. Dalam sambutannya, ia berpesan agar mahasiswa menjadi Fasilitator bukan pekerja “Mahasiswa datang kesini bukan menjadi pekerja tetapi hanya sebagai motivator dan fasilitator untuk masyarakat,” pesan  Tamsil.
suasana pembuatan WC percontohan
Adapun kegiatan yang dilakukan selama baksos yakni Penyuluhan tentang bahaya rokok dan penggunaan alat pelindung diri (APD).  Penyuluhan tentang kesehatan ibu dan anak (KIA), keluarga berencana (KB) ,pemberian air susu ibu (ASI), serta penyuluhan anak sekolah dasar tentang perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).
Selain hal berbau kesehatan, di dalam kegiatan baksos ini diselingi dengan kegiatan Islami, seperti kuliah tujuh menit, tadarrusan, serta mengajar mengaji dilakukan pada sore hari.
selain penyuluhan dan kegitan Islami, dalam baksos tersebut, peserta juga melakukan pengadaan WC percontohan. Demi terwujudnya wc percontohan ini akan diadakan peninjauan kembali pasca kegiatan bakti sosial ini apakah wc yang telah diamanahkan kepada warga sepenuhnya telah selesai atau belum” ujar Ishaq, ketua HMJ Kesmas.
“Saya merasa sangat senang dan tidak rugi mengikuti kegiatan ini serta sangat luar biasa, masyarakat disana sangat antusias terutama anak anaknya dimana saya juga mengajarkan mereka mengaji dan mereka sangat bersemangat,” ungkap Reza, salah seorang peserta.
Reporter : Arif

Comments

comments