H M Jusuf Kalla : Hal yang Luar Biasa UIN Berbicara Soal Arsitek.

Washlah Online– Arsitektur sangat dinamis, akan selalu ada perubahan, namun perubahan itu juga senantiasa merubah alam disekitarnya, disinilah tugas kita. Supaya kelak anak, cucu kita bisa menikmati hal ini dimasa mendatang. Caranya, kita mendekatkan diri dengan lingkungan dan menjaganya.
Hal ini diungkapkan Dr H M Jusuf Kalla, saat memberikan sambutan dalam Konferensi Internasional dengan tema “Perubahan Iklim dan Kearifan Lokal bersama dalam Harmoni Membangun Lingkungan” yang digelar oleh Jurusan Arsitektur Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin, di Hotel Clarion. Kamis (14/02/13).
Ia juga mengungkapkan apresiasinya terhadap kegiatan semacam ini “UIN berbicara tentang arsitektur itu hal yang sangat luar biasa, ini sama halnya jika UNHAS berbicara tentang Syar’I dan Agama” ungkapnya, disambut tepuk tangan peserta.
Lebih jauh, lelaki kelahiran bone ini menjelaskan, Setidaknya ada 4 hal yang terkait dengan Arsitek yakni Teknologi. Seni, fungsi, serta Lingkungan, yang kesemuanya bersatu membentuk prinsip dasar arsitek. Selain itu kita juga hrus memandang kedepan.
Selain itu, berbicara tentang alam, menurut dia, sebenarnya sangat mudah jika kita menghubungkannya dengan UIN, dimana banyak membicarakan agama, dan didalamnya pun di bahas tentang lingkungan “pohon-pohon yang tumbuh dengan banyak buah, bukannya itu surga, tapi jika kita merusaknya, sama saja dengan kita merusak surga,” tegasnya.
Terkait Kearifan Lokal, ada budaya yang bisa terus dipertahankan, yakni budaya mananam sebuah pohon ketika Haqiqah “dulu, ibu saya selalu bilang ke saya, itu pohon yang dulu di tanam sewaktu kamu lahir,” katanya. 
“Tapi jangan hanya satu saja kalau bisa dua atau lebih,” tambahnya.(Luqe’)