Prodi Keperawatan Bekali Mahasiswa dengan Pelatihan

WASHILAH – Dalam upaya meningkatkan mutu dan kualitas mahasiswa dan mempersiapkan generasi layak saing di dunia kesehatan modern, Prodi keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar membekali mahasiswanya dengan pelatihan Life Skill (Laboratorium Skill) yang bertempat di gedung Lecture Theater (LT) kampus serta Workshop dan Pelatihan Basic Life Support di LT FIK.
 Kegiatan Laboratorium Skill berlangsung selama dua hari (22-23/06) dengan mendatangkan dua pemateri yang berkompeten. Saat ditemui di ruang prodi, Ns Risnah Skm, selaku penanggung jawab laboratorium prodi berujar bahwa, kedua pemateri tersebut merupakan perwakilan dari rumah sakit tipe A dan tipe B. Tema yang diusung yaitu Keperawatan Gawat Darurat dengan sasaran bagi mahasiswa semester VI.
  “Adapun pemateri dari Rumah sakit tipe A kami mengundang dari rumah sakit Wahidin Sudiro Husodo dan Tipe B kami undang dari rumah sakit Labuang Baji. Keduannya adalah orang yang ahli dalam klinikal yakni Mahyudin SKep Ns (pengelolaan jalan nafas dan kumbah lambung) dan Ns Rochfika SKep Ns (RJP dan Syok ( Resustasi jantung paru),” jelasnya.
 Risnah menambahkan, kegiatan ini merupakan rutinitas yang dilaksanakan tiap tahun di akhir semester dan disesuaikan dengan tingkat semesternya. Seperti hanya Laboratorium Skill dengan tema “Keperawatan Gawat Darurat” yang khusus bagi mahasiswa semester enam sementara Workshop dan Pelatihan dengan tema “Kondisi Kegawatdarurat dalam kehidupan sehari-hari” bagi mahasiswa semester delapan.
 Sementara kegiatan Workshop dan Pelatihan Basic Life Support yang berlangsung selama dua hari (23-24/06) ditujukan pada pemberian bekal berupa keterampilan bagi mahasiswa sebagai bekal nantinya sebelum terjun ke Rumah Sakit. Tema yang diangkat yaitu “Kondisi Kegawatdarurat dalam Kehidupan Sehari-Hari”.
 Lebih lanjut Risnah mengungkapkan bahwa untuk kegiatan ini merupakan program rutin prodi untuk mahasiswa semester akhir, sekaligus sebagai syarat sebelum mengikuti ujian tutup. Menariknya, mahasiswa yang ikut serta difasilitasi dengan sertifikat
  “Kegiatan yang di adakan di LT fakultas itu yang akan mendapatkan sertifikat dan sertifikatnya bekerjasama dengan Team Himpunan Perawat Gawat Darurat dan Bencana Indonesia,” tutup Risnah. (Anugra)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*