40 Ribu Camaba Ikuti SPMB PTAIN 2012

WASHILAH – Tiap tahunnya, seluruh Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (PTAIN) membuka seleksi pendaftaran mahasiswa baru secara bersamaan. Seleksi tersebut dinamakan SPMB PTAIN atau Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri. Dalam seleksi tersebut memberi kemungkinan calon mahasiswa baru (camaba) untuk mendaftar di salah satu PTAIN di Indonesia dengan mengikuti seleksinya di PTAIN pada daerah asalnya.

SPMB PTAIN 2012 kali ini diikuti oleh sekitar 40 ribu camaba di seluruh Indonesia, setelah pertama kali dibuka pada 1 Mei 2012. Sebagaimana dilansir dari UIN-Online, Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, Prof Dr H Qadir Gassing HT MS, mengakui bahwa antusiasmu camaba dalam SPMB PTAIN cukup besar. “Saya lihat jumlah pendaftar sudah mencapai 40 ribu orang,” ujarnya, Selasa (12/06).

Di UIN Alauddin Makassar sendiri, tes SPMB PTAIN dilaksanakan pada Selasa, 19 Juni 2012, di kampus II UIN Alauddin, Samata. Tes diadakan serentak di tiap gedung fakultas. Salah satunya di gedung ‘i’, Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK).

Menurut Pembantu Dekan I Bidang Akademik FIK UIN Alauddin, Fatmawati Mallapiang SKM MKes, untuk gedung ‘i’ menampung 260 peserta dengan jumlah 13 ruangan. Fatmawati yang saat itu dipercayakan menjadi kepala pengawas gedung ‘i’ mengaku, gedung tempat tes diadakan, pengawasannya dikepalai oleh PD I tiap fakultas.

“Tes dilaksanakan hari ini (19/06) dengan dibagi jadi dua gelombang. Gelombang pertama, dilaksanakan pukul 08.30-10.30 berupa Tes Potensi Akademik dan Tes Bidang Studi Dasar. Lalu gelombang kedua, dilaksanakan pukul 11.00-14.00 berupa Tes Wawasan Keislaman dan Tes Bidang Studi Prediktif,” paparnya. Hasil seleksi diumumkan pada 13 Juli 2012.

Seusai melaksanakan SPMB PTAIN, UIN Alauddin Makassar membuka seleksi jalur lokal, yaitu Ujian Masuk Mandiri (UMM). Pendaftaran untuk seleksi ini dibuka mulai Rabu, 20 Juni 2012. (AMQ)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*