Aliansi Mahasiswa FIKES UIN Tolak Maba 2012

Oleh : Ahmad Qomar


Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) menggelar aksi damai di kampus II UIN Alauddin Samata, Rabu (23/05/2012). Aksi tersebut menuntut penolakan Mahasiswa Baru (maba) FIKES 2012.


Sebagaimana yang tertulis dalam lembar Pernyataan Sikap, bahwa tuntutan tersebut diajukan melihat kondisi proses perkuliahan yang kurang efektif karena tidak didukung dengan fasilitas memadai. Selain karena kurang memadainya fasilitas dengan dalih SPP yang mereka bayar tiap semesternya adalah SPP termahal di UIN Alauddin, mereka juga menuntut kejelasan dari status Kartu Rencana Studi (KRS) dan profesionalisme dosen yang mengajar di FIKES.

Aksi yang berlangsung selama tiga jam tersebut dimulai dari gedung FIKES lama (bekas rektorat) dan berakhir di rektorat. Di gedung fakultas lama, mereka memboikot perkuliahan dengan menghentikan secara paksa proses perkuliahan. Lalu aksi berlanjut ke gedung FIKES baru. Di sana mereka menuntut kepada dekan dan semua pembantu dekan untuk segera menjawab tuntutan mereka. 

Pembantu Dekan III FIKES, Drs. Wahyuddin G. MAg, mewakili dekan turun dan bertemu langsung dengan para mahasiswa tersebut. Katanya, dekan sedang menghadiri yudisium sehingga dia tidak bisa diganggu. Sementara saat ditanyakan mengenai tuntutan dalam aksi tersebut, Wahyuddin sempat terdiam. “Saya sangat apresiatif, tapi lebih jelasnya, silahkan langsung ke rektorat,” jawabnya singkat. Dengan sangat kecewa rombongan aksi pun beranjak menuju ke rektorat. 

Seusai mengadakan acara penyambutan pada salah seorang tamu universitas dari Australia, pembantu rektor III, Drs. HM Natsir Siola, MA, segera menemui massa di depan gedung rektorat. Dengan tenang Natsir mempertanyakan apa saja yang menjadi tuntutan mereka. Hasriadi, ketua HMJ Farmasi yang saat itu menjadi kordinator aksi memaparkan tuntutan mereka sembari memperlihatkan lembar pernyataan sikap. Hasriadi juga meminta Natsir untuk turun langsung melihat kondisi gedung kuliah FIKES.

Tidak ingin mengecawakan massa, Natsir berjanji akan membuka dialog bersama dengan pihak pimpinan Fakultas Ilmu Kesehatan untuk membahas terkait permasalahan tersebut. Dialog rencana akan digelar, Jum’at pagi (25/05/2012)


Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*