Pharmaceutical Expo 2012, Adakan Baksos dan Lomba

Facebook
Twitter
WhatsApp
Oleh Ahmad Komar


Washilah, Manado – Sehari setelah tiba di kota Manado, rombongan mahasiswa Farmasi UIN Alauddin delegasi kegiatan Pharmaceutical Expo 2012, mengadakan baksos, Sabtu (21/04), di lapangan Tikala, Manado. Siangnya, delegasi yang berjumlah 27 orang ini mengikuti lomba yang terdiri dari lomba debat konstitusi dan lomba formulasi herbal di kampus Universitas Sam Ratulangi (UNSRAT).


Saat ditemui oleh reporter Washilah, Firman Dawud, selaku ketua panitia kegiatan menjelaskan bahwa kegiatan baksos ini merupakan rangkaian acara dari kegiatan Pharmaceutical Expo 2012 yang berlangsung selama lima hari, yakni dari tanggal 20-24 April 2012.

“Bakti sosial yang diadakan pagi ini meliputi Kampanye Informasi Obat Nasional, pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis, serta pembagian suplemen obat gratis. Baksos ini melibatkan beberapa instansi medis yang terdiri dari kedokteran, kebidanan, keperawatan, kesehatan masyarakat, dan farmasi. Adapun instansi dari Farmasi termasuk seluruh mahasiswa Farmasi se Indonesia Timur delegasi kegiatan Pharmaceutical Expo 2012,” papar Firman.

Adapun lomba debat konstitusi dan formulasi bahan alam yang dilaksanakan siang harinya diadakan di dua tempat berbeda dalam kampus UNSRAT. Lomba debat konstitusi sendiri yang mengangkat UU RI no. 36 tentang Kesehatan, UU RI no. 40 tentang SJSN, dan UU RI no. 44 tentang Rumah Sakit dilaksanakan di Theater Hall Fakultas Sastra UNSRAT.
Di waktu yang bersamaan juga dilaksanakan lomba formulasi bahan alam, di aula fakultas kedokteran UNSRAT. Kedua lomba tersebut mempertemukan mahasiswa Farmasi yang berasal dari UIN Alauddin, UIT, UNHAS, UNSRAT, UMI, STIFA Makassar dan UKIT Manado.

Untuk delegasi dari Farmasi UIN Alauddin sendiri mengutus dua tim untuk lomba debat konstitusi dan tujuh tim untuk formula bahan alam. Seperti yang diungkapkan Mustakim Masnur, sekretaris umum HMJ Farmasi yang saat itu ikut dalam tim lomba formulasi bahan alam, bahwa kebanyakan produk formula yang dirancang dari delegasi Farmasi UIN Alauddin membuat sediaan non oral, seperti lilin aroma terapi jeruk, sabun VCO, masker kulit pisang, dan spa mandi.

  Berita Terkait

Pencarian Berita

Lihat Arsip Kami