Bosan di Kelas, Jurnalistik UIN Kuliah di Rotterdam

MAKASSAR,WASHILAH–Mengikuti perkuliahan, tak hanya dapat dilakukan di dalam ruangan. Tetapi, di ruang terbuka. Hal itu, dilakukan sejumlah mahasiswa Jurnalisitik, UIN Alauddin, Samata, Gowa.  

   Benteng Rotterdam, Rahmawati

        Kejenuhan  kerap melanda mahasiswa pada saat mengikuti perkuliahan. Apalagi, perkuliahan itu dilaksanakan di siang hari. Siang hari, memang dinilai sebagai jam istirahat, rasa ngantuk pun kerap melanda, ditambah suasana panas di ruang kelas. Proses belajar mengajar pun menjadi tidak efektif.

     Perkuliahan di ruang terbuka itu, dilakukan mahasiswa Jurnalistik semester IV Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin, Samata, Gowa. Mereka memilih kuliah di ruang terbuka dengan mata kuliah Jurnalistik Media Cetak, di Benteng Rotterdam, Selasa (17/04/2012) lalu. Kuliah tersebut, dinilai sangat membantu proses melatih menulis berita, tanpa harus dibatasi ruang seperti yang dilakukan di dalam ruang perkuliahan.

Dosen mata kuliah Jurnalistik Media Cetak, Andi Fausiah Astrid M Si, mengatakan, kuliah kali ini, mengambil lokasi berbeda dari biasanya, itu bertujuan untuk mengatasi kejenuhan dan kebosanan Mahasiswa belajar di kelas.  “Jadi ini bukan study tour, kita hanya mengambil lokasi sementara di luar untuk mengatasi kebosanan kalian belajar di kelas”, kata Andi Fausiah.

     Meski demikian, sebagian Mahasiswa menganggap kuliah di tempat wisata masih kurang efektif. Pasalnya, mahasiswa menilai, lebih banyak bersantai dibandingkan memperhatikan materi yang disampaikan dosen.  “Suasananya memang lebih baik, jika dibandingkan dengan Suasana perkuliahan di dalam ruangan,”kata mahasiswi semester IV ini. (*)



Comments

comments