Fatmawati, Peran Ibu Bagi Jurusan Biologi

Laporan | Mitasari
Ketua Jurusan Biologi Sains UIN Alauddin Mkassar
Washilah Online-Wanita yang selalu terlihat energik, penuh semangat, dan senyum ramah selalu melekat pada sosoknya. Wanita  yang di tengah kesibukannya ia selalu sempat untuk mendengarkan curhatan atas masalah yang dialami mahasiswa jurusan Biologi Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar.
Ibu dari satu anak ini merupakan wanita dengan segudang kesibukan baik profesinya sebagai ketua jurusan maupun ibu rumah tangga. Istri dari Salman Fatta ini merupakan sosok wanita karier yang sangat cinta keluarga. Profesinya sebagai ketua jurusan tidak membuatnya lupa akan tugas utamanya sebagai seorang ibu. 
Walaupun merangkap sebagai Dosen dan sekarang melanjutkan study S3 di Universitas Hasanuddin jurusan kedokteran. Ibu fate panggilan akrab Mahasiswa untuknya, masih  tetap bisa melayani keluarga dan mahasiswa.
Bagi Fatmawati profesi sebagai Ibu rumah tangga dan ketua jurusan  memiliki persamaan utama yaitu membutuhkan perhatian dan kasih sayang. Amanah yang ia terima sebagai ketua jurusan membuatnya harus mampu mensinergiskan seluruh tanggung jawab yang ia pegang. Kesulitan membagi waktu antara tugas ibu rumah tangga dan tugas sebagai ketua jurusan sering terjadi. Namun, Fatmawati terlihat menikmati profesinya.
”Saya tidak pernah menjadikannya sebagai kesulitan ataupun beban sehingga semuanya mampu saya jalankan dengan lancar seperti air mengalir,ceritanya.
Wanita yang semasa kuliahnya menjalani aktifitas kuliah sambil kerja sebagai pengajar di salah satu bimbingan belajar swasta mengaku tak pernah membayangkan akan menduduki jabatan sebagai ketua jurusan sains Biologi.  Amanah yang diberikan padanya merupakan anugerah yang ia sangat syukuri. Dari kedua amanah yang dijalankanya  sama-sama memiliki tanggung jawab moral yang besar. Tanggung jawab yang ia terimah sebagai ibu rumah tangga harus mampu memberikan perhatian selayaknya ibu bagi anak dan suaminya sedangkan tanggung jawab sebagai ketua jurusan dituntut untuk menjalani tugas pokok ketua jurusan di UIN dan tanggung jawab kepada orang tua mahasiswa yang mengharapkan anak-anaknya berkuliah dengan baik.
Fatmawati di mata mahasiswa jurusan Sains Biologi sudah seperti ibi kandung dan kakak bagi mahasiswa dan dosen lain. Suasana santai, menyenangkan, ramah dengan gaya pengajaran yang singkat, padat dan jelas membuat banyak mahasiswa menyukainya pada saat membawakan materi perkuliahan.
Perhatiannya terhadap jurusan Biologi sangat dirasakan baik mahasiswa maupun staf yang bekerja di jurusan Biologi. Persoalan yang dialami oleh mahasiswa tak luput dari perhatiannya. Dengan penuh perhatian dan pengertian menanggapi keluhan mahasiswa terhadap jurusan. Selain itu sosoknya sebagai atasan selalu mengayomi pegawai yang bekerja di jurusan Biologi.
Harapan Fatmawati untuk jurusan agar mahasiswa bisa merasakan atmosfir kekeluargaan di biologi hingga para mahasiswa, staf, alumni bisa merasakan Biologi adalah milik mereka sehingga mampu menjaga nama 
baik jurusan dengan caranya masing-masing.
Istri dari Salman Fatta ini merupakan sosok wanita karier yang sangat cinta keluarga. Profesinya sebagai ketua jurusan tidak membuatnya lupa akan tugas utamanya sebagai seorang ibu. Walaupun merangkap sebagai Dosen dan sekarang melanjutkan study S3 di Universitas Hasanuddin jurusan kedokteran. Ibu fate panggilan akrab Mahasiswa untuknya, masih  tetap bisa melayani keluarga dan mahasiswa. Di tengah kesibukannya ia selalu sempat untuk mendengarkan curhatan atas masalah yang dialami mahasiswa biologi.

Comments

comments